• Breaking News

    Berbagi Ilmu Kesehatan dan Keislaman untuk Kebaikan Umat

    11 Mar 2011

    KEGAWATAN JATUH PADA GERIATRI


    BLOK GERIATRI
    SKENARIO 1
    KEGAWATAN JATUH PADA GERIATRI

    Seorang wanita, geriatri, usia 70 tahun, dengan berat badan 55 kg, TB 163 cm, tiba-tiba jatuh. Sebelumnya penderita adalah pasien rawat jalan di poliklinik dengan DM, Hipertensi dan Osteoarthritis. Penderita menderita DM sejak usia 40 tahun, penderita mengalami penurunan berat badan (Pada waktu muda gemuk dengan BB kurang lebih 90 kg) kemudian turun hingga sekarang 55 kg, nafsu makan menurun, keinginan untuk minum berkurang. Sejak 3 hari yang lalu lutut kanan pasien terasa sakit jika digerakkan dan sering bengkak-bengkak pada kedua kaki sehingga pasien kesulitan berjalan. Penderita juga mengeluh mata kabur sejak usia 60 tahun, dan pendengaran juga sudah berkurang.
    Pada hasil laboratorium terakhir kadar gula darah sewaktu 200 mg/dl, Hb = 8,1 gr%, kreatinin 2,3 mg/dl. Hasil pemeriksaan urin rutin: proteinuria +2. Terapi yang digunakan adalah glurenorm 2x1, metformin 3x500mg, meloxicam 2x7,5 mg dan dexametason 3x1 tablet, antalgin 3x1 tablet untuk mengurangi rasa nyeri, Bisoprolol 3x1 tablet,       furosemid 1-0-0. Dari pemeriksaan get up dan go test lamanya penderita berjalan dalam 15 meter lebih dari 5 menit.   Dari pemeriksaan Foto Rontgen femur didapatkan gambaran fraktur pada collum femoris dan kesan osteoporosis.
    Penderita selama ini tinggal dengan anak-anak dan cucu yang masih balita di sebuah rumah yang banyak mempunyai tangga. Kurang lebih 3 tahun ini penderita sering lupa meletakkan benda-benda, lupa nama cucunya, dan lupa sudah makan serta minum obat atau belum.
    Catatan : Cetak tebal dari saya.

    Link Istilah :
    1.                geriatri
    2.                DM
    3.                Hipertensi
    4.                Osteoarthritis
    5.                Penurunan berat badan 1, 2, 3,
    6.                nafsu nakan menurun dan keinginan minum berkurang
    7.                bengkak kaki 1, 2,
    8.               darah , gula darah sewaktu,pengukuran gula darah, gula darah
    9.                Hb
    10.           Kreatinin
    11.           proteinuria
    12.           Pemeriksaan get up dan go test 1, 2, 3,
    14.           kesan osteoporosis
    15.           demensia , amnesia

    Fashion

    Beauty

    Travel