• Breaking News

    Berbagi Ilmu Kesehatan dan Keislaman untuk Kebaikan Umat

    6 Jul 2011

    RINGKASAN 24 ADAB MENGGUNAKAN HP


    Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh

    Berikut ini merupakan ringkasan dari ”24 adab menggunakan hp” yang ditulis oleh Al-Akh Abu Ibrahim ‘Abdullah bin Ahmad bin Muqbil  hafizhahullah lalu diterjemahkan oleh Ust. Abu ‘Abdillah Kediri hafidzahullah dan dipublikasikan oleh http://assalafy.org. Pembaca dapat membaca ringkasan yang kami susun untuk http://islamicandmedicalupdates.blogspot.com  ini lalu mendownload file lengkapnya pada link di akhir artikel ini.
    Walaupun risalah ini berjudul 24 adab menggunakan hp, namun beberapa adab yang disampaikan dalam risalah ini juga dapat dijadikan pedoman dalam menggunakan alat elektronik lainnya seperti komputer, internet, radio, mp3 player, mp4 player, iPad, HP tablet, tape recorder, CD player, DVD player dll.
    Selamat membaca dan mengambil manfaat darinya.

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh

    Pada zaman modern ini telah banyak teknologi yang memudahkan aktivitas  manusia.  Termasuk  dengan  tersebarnya  Jawwal/Handphone  (HP), komunikasi  bisa  dijalankan  dengan  sangat  mudah  dan  cepat.  Seorang  yang berada di ujung dunia bisa menghubungi orang lain yang ada di belahan dunia lain  dengan  sangat  mudah  dan  kapan  saja  ia  mau.  Kejadian  yang  terjadi  di suatu daerah, bisa diinformasikan dengan cepat ke benua lainnya saat itu juga. Tidak  diragukan,  keberadaan  Jawwal/HP  merupakan  salah  satu  di  antara sekian banyak nikmat Allah. Maka agar nikmat tersebut bisa tetap terjaga dan benar-benar menjadi karunia bagi kita perlu kita mensyukuri nikmat tersebut.

    Di  antara  bentuk  syukur  adalah  menggunakan  nikmat  tersebut  pada tempatnya dan menjadikannya sebagai sarana yang bisa membantu untuk kita menjalankan ketaatan kepada Allah.

    Banyak terjadi, terkait dengan penggunaan Jawwal/HP ini yang sebenarnya itu bertentangan  dengan  nilai-nilai  syukurYaitu  tatkala  teknologi  seluler  yang memberikan banyak kemudahan ini ternyata digunakan tidak pada tempatnya dan bahkan dijadikan sebagai sarana baru untuk berbuat maksiat. Maka perlu kiranya  kita  menengok  bagaimana  bimbingan  Syari’at  Islamiyyah  dalam memberikan rambu-rambu untuk bersikap dan berakhlaq, serta mana hal-hal yang  boleh  dan  mana  yang  dilarang  oleh  syari’at,  untuk  kemudian  seorang muslim menerapkannya dalam penggunaan teknologi seluler tersebut.

    RINGKASAN 24 ADAB MENGGUNAKAN HP

    SYARI’AT MEMBIMBING ANDA UNTUK MENGGUNAKAN HANDPHONE [1]

    Penulis: Al-Akh Abu Ibrahim ‘Abdullah bin Ahmad bin Muqbil  hafizhahullah
    Penerjemah:  Ust. Abu ‘Abdillah Kediri



    1. Jagalah selalu ucapan salam yang Islami Assalamu’alaikum” atau “Assalamu’alaikum warahmatullah” atau “Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh”
    2. Yang memulai salam hendaknya yang menelepon
    3. Perhatikanlah waktu karena dia adalah nikmat yang besar yang kebanyakan manusia melalaikannya.
    4. Jagalah lisan
    5. Hemat (tidak menghamburkan) harta (pulsa)
    6. Berhati-hatilah dari nyanyian. Karena telah jelas dan gamblang dalil-dalil yang menunjukkan keharamannya.
    7. Pilihlah nada dering yang dibolehkan secara syar’i. Bukan dengan yang haram seperti suara musik ataupun potongan lagu dengan suara penyanyi laki-laki maupun perempuan.
    8. Hindarilah gambar makhluk bernyawa. Karena dia termasuk perkara yang HARAM.
    9. Jagalah akhlakmu.
    10. Jagalah Aqidahmu
    11. Jangan sampai mengganggu sesama muslim, seperti menelepon pada saat-saat akhir malam, seperti pada pukul 01.00 atau 02.00 dini  hari  untuk  membikin  cemas  (mengganggu)  penghuni  rumah.  Di  antara mereka  ada  yang  menggunakan  cara  lain,  dengan  mengirim  sms  yang  berisi rayuan, wal ‘iyadzubillah, yaitu dengan mengirim sms kepada sebagian wanita yang berisi kalimat-kalimat jorok, tidak senonoh, dan disertai gambar-gambar yang  menjijikkan,  ataupun  juga  gambar  hati  yang  tertancap  padanya  anak panah, dan berbagai cara lainnya.
    12. Hormatilah hak-hak masjid yakni dengan menonaktifkan volume HP.
    13. Janganlah engkau menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan.
    14. AWAS! Bahaya HP bagi wanita. Bahaya alat (HP) ini bagi para wanita sangatlah besar, terutama pada sesuatu yang  bisa  menimbulkan  fitnah  dan  tipu  daya.  Dan  juga  pada  perkara  yang terkadang mengejutkan berupa kalimat-kalimat manis, yang tampak dari luar itu seolah-olah merupakan rahmah (kasih sayang) namun pada hakekatnya itu adalah adzab. Sebagian wanita terkadang tidak mampu bersikap dengan tepat ketika  menghadapi  hal-hal  yang  demikian,  bahkan  terkadang  terpengaruh olehnya. Ini terutama menimpa sebagian pemudi yang sudah mencapai masa pubertas, yang mereka itu tidak bisa melihat perkara yang bermanfaat/positif bagi diri mereka sendiri tanpa adanya perhatian dan pengawasan dari orang-orang  yang  mengurusi  (wali-wali)  mereka,  yaitu  anak-anak  yang  tidak membentengi dirinya dengan Al-Qur`an dan As-Sunnah.
    15. Tidak Memberi Kesempatan Kepada Anak Kecil dan Anak yang Memasuki Usia Puber untuk memegang HP
    16. Jangan Berbuat At-Tajassus (Mencari-cari Kesalahan/Kelemahan/Kekurangan Orang Lain)
    17. Berhati-hati dari Beberapa Penyakit Hati: Merasa Dirinya Lebih, ‘Ujub, Bangga Diri, Tertipu, Sombong, Riya’, dan Sum’ah
    18. Jangan Merusak Rumah Tangga Orang atau Membuat Fitnah yang Akibatnya Tidak Terpuji
    19. Hendaknya bagi Wanita Bersikap Malu dan Berupaya untuk Menutup Auratnya
    20. Jangan Mengikuti Kuis dengan Segala Bentuknya
    21. Kepada Siapa Anda Memberikan Nomor Telepon Anda? Wajib atas seorang muslim untuk memilih teman-teman yang baik, yang bisa menjadi  pembantu/penolongnya  dalam kebaikan  dan  ketaatan  kepada  Allah subhanahu  wa  ta’ala. Teman dan saudara yang seperti itulah yang anda bisa memberikan  nomor  anda  kepadanya.
    22. Jangan Mengangkat Suara Melebihi Kebutuhan
    23. Jangan Sekali-kali menutup HP ketika Lawan Bicara Sedang Berbicara, kecuali jika ada Maslahat yang lebih besar
    24. Jagalah Kesehatan


    Mengambil Manfaat dari HP

    1. Menyambung hubungan dengan keluarga dan kerabat anda (silaturahim).
    2. Menelepon  para  ‘ulama  dan  bertanya  kepada  mereka  tentang  beberapa masalah yang terjadi.
    3. Membantu memenuhi kebutuhan anda baik dalam perkara agama maupun dunia.
    4. Merekam suara bacaan Al-Qur’an, tulisan, dan muhadharah.
    5. Mengambil manfaat dari situs-situs internet yang bermanfaat.
    6. Turut serta dalam kegiatan yang ilmiah di internet.
    7. Membangunkan orang tidur (misalnya dengan mengaktifkan jam alarm).
    8. Sebagai pengingat jadwal kegiatan anda baik umum maupun khusus, dan termasuk juga adalah sebagai peringatan telah masuknya waktu shalat.
    9. Mengetahui keadaan (kabar) seorang alim.
    10. Dakwah di jalan Allah.
    11. Mengambil  gambar  (foto)  pemandangan  alam  yang  tidak  ada  gambar makhluk  bernyawa  yang  dengannya  akan  membantu  anda  dalam mengingat Allah sehingga akan bertambahlah keimanan anda kepada Allah ta’ala sebagai Dzat yang Maha menciptakan, Rabb, pemberi rizqi, dan yang mengatur alam semesta ini dan Dia adalah Ilah yang satu (satu-satunya Dzat yang berhak diibadahi) tidak ada sekutu bagi-Nya. Sungguh indah apa yang diungkapkan oleh seseorang:                                                                       
                                  Dan segala sesuatu di alam ini merupakan ayat (tanda) bagi-Nya        
                                  Yang menunjukkan bahwa Dia adalah Dzat yang Maha Esa.
    12.     Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan.

    [1] Catatan penting : Beberapa bimbingan dalam menggunakan HP yang telah disebutkan di atas, juga bisa dijadikan bimbingan dalam menggunakan komputer dan internet jika didapati pada keduanya beberapa kondisi yang sama dengan yang di HP.

    Diterjemahkan oleh Ust. Abu ‘Abdillah Kediri, dari : 

    DOWNLOAD PEMBAHASAN LENGKAP:   KLIK DISINI

    Fashion

    Beauty

    Travel