Memuat...

1 Feb 2012

HAK ALLAH ATAS PARA HAMBA-NYA


 Pertanyaan no.1: Untuk apa Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan kita?

Jawaban: Dia menciptakan kita untuk beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apapun. Dalil-Nya Firman Allah ta’ala:
“Dan tidaklah Aku menciptakanjin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepada-K” (QS. Adz-Dzariyat:56)
Dan Sabda Nabi shallalahu alaihi wa sallam : “Hak Allah atas hamba-Nya hendaklah mereka beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pertanyaan no.2: Apakah ibadah itu?

Jawaban: Ibadah adalah suatu istilah yang mencakup segala ucapan dan perbuatan yang dicintai oleh Allah, seperti do’a, shalat, menyembelih kurban dan lain-lain. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman : “Katakanlah: ‘Sesungguhnya shalatku, ibadahku (termasuk menyembelih kurban), hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam (QS. Al an’am:162)
Dan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam: “Tidaklah hamba-Ku bertaqarrub (mendekat) kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. (HR. Bukhari)

Pertanyaan no.3 : Bagaimana kita beribadah kepada Allah?

Jawaban: Kita beribadah kepada-Nya dengan cara yang telah Allah dan Rasul-Nya perintahkan. Allah Ta’ala berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasulullah, dan janganlah kamu membatalkan (merusak pahala) amal-amalmu.” (QS.Muhammad: 33)
Dan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsaiapa melakukan amalan yang tidak termasuk dalam urusan agama kami, maka amalann tersebut tertolak.” (HR.Muslim)