Download Kitab Penuntut Ilmu (Aqidah, Hadits, Tafsir, Bahasa Arab)

Sumber: http://sunniy.wordpress.com/buku-sunniy-chm/kitab/

Dinukil dari kitab Kitabul ‘Ilmi, Penulis Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Edisi Indonesia Tuntunan Ulama Salaf Dalam Menuntut Ilmu Syar’i, Penerjemah Abu Abdillah Salim bin Subaid, Penerbit Pustaka Sumayyah
Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

Pertama: Kitab-Kitab Aqidah
1. Kitab Tsalatsatul Ushul1 (( ثلاثة الأصول ))
2. Kitab Al-Qowa’idul Arba’2 ((
القواعد الأربع ))
3. Kitab Kasyfu Syubuhat3 ((
كشف الشبهات ))
4. Kitab At-Tauhid4 (( ا
لتوحيد ))

Keempat kitab ini merupakan karya Syaikhul Islam Al-Imam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

5. Kitab Al-Aqidah Al-Wasithiyyah5 (( العقيدة الواسطية ))
Berisi pembahasan tentang tauhid asma’ wa sifat. Kitab ini termasuk kategori terbaik yang mengulas pembahasan itu. Kitab ini layak untuk dibaca dan di-muroja’ah (dipelajari).
6. Kitab Al-Hamawiyah (( الحموية ))
7. Kitab At-Tadmuriyah ((
التدمرية ))

Kedua kitab tersebut (pembahasannya) lebih luas dibandingkan kitab Al-Aqidah Al-Wasithiyyah. Ketiga kitab ini adalah karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah.
8. Kitab Al-Aqidah Ath-Thahawiyah (( العقيدة الطحاوية )) karya Syaikh Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad Ath-Thahawi
9. Kitab Syarh Al-Aqidah Ath-Thahawiyah (( شرح العقيدة الطحاوية )) karya Abul Hasan Ali bin Abil ‘Izzi
10. Kitab Ad-Durrar Ats-Tsaniyyah fii Al-Ajwibah An-Najdiyah ((الدرر السنية في الأجوبة النجدية )). Dihimpun oleh Syaikh Abdurrahman bin Qasim rahimahullah
11. Kitab Ad-Durrar Al-Mudiyyah fii Aqidatil Firqatil Mardiyyah ((الدرة المضية في عقيدة الفرقة المرضية )) karya Muhammad bin Ahmad As-Safarini Al-Hambali. Didalam kitab ini ditemui adanya ungkapan-ungkapan yang menyelisihi manhaj Salaf. Oleh karena itu penuntut ilmu harus mempelajari kitab ini melalui seorang Syaikh yang mengenal baik Aqidah Salafiyah, agar syaikh itu dapat memberikan penjelasan tentang berbagai macam ungkapan-ungkapan yang menyelisihi aqidah Salafush Sholih yang terdapat dalam kitab tersebut
Kedua: Kitab-kitab Hadits
1. Kitab Fathul Bari syarah Shohih Bukhari (( فتح الباري شرح صحيح البخاري )) karya Ibnu Hajar Al-Atsqalani rahimahullah
2. Kitab Subulus Salam syarah Bulughul Maram (( سبل السلام شرح بلوغ المرام )) karya Ash-Shan’ani. Kitab ini merangkum pembahasan hadits dan fiqh
3. Kitab Nailul Authar syarah Muntaqul Akhbar (( نيل الأوطار شرح منتقى الأخبار )) karya Asy-Syaukani
4. Kitab Umdatul Ahkam (( عمدة الأحكام )) karya Al-Maqdisi. Sebuah kitab yang khusus dan seluruh hadits dalam kitab ini terdapat dalam Shahihain (hadits-hadits riwayat Bukhari dan Muslim) maka tidak perlu lagi untuk mencari tahu tentang derajat keshahihannya
5. Kitab Arbain An-Nawawiyah (( الأربعين النووية )) karya Abu Zakaria An-Nawawi
Sebuah kitab yang bagus karena di dalamnya membahas masalah akhlak dari manhaj yang baik serta berbagai kaidah yang sarat faedah. Semisal hadits :
مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ
“Diantara kebaikan Islam seseorang ia meninggalkan hal-hal yang tidak berguna baginya.” (HR. Ahmad, Tirmidzi)
Ini adalah sebuah kaidah, andaikata engkau jadikan sebagai jalan yang engkau lalui, tentunya kaidah tersebut telah mencukupi. Demikian pula sebuah kaidah didalam hal ucapan. Rosulullah sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda :
مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أًوْ لِيَصْمُتْ
“Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan Hari Akhir hendaklah ia berkata baik atau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim)
6. Kitab Bulughul Maram (( بلوغ المرام )) karya Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Atsqalani. Sebuah kitab yang berfaedah terlebih lagi kitab ini mencantumkan para perawi (periwayat hadits) sekaligus menerangkan derajat keshahihan dan kedha’ifan haditsnya. Beliau memberikan penjelasan atau ulasan terhadap hadits-hadits tersebut.
7. Kitab Nukhbatul Fikar (( نخبة الفكر )) karya Ibnu Hajar Al-Atsqalani. Kitab ini terhitung sebagai kitab yang lengkap. Apabila seorang penuntut ilmu bisa memahami kitab ini secara sempurna dan menguasai secara baik, kitab ini cukup mewakili berbagai kitab dalam ilmu Musthalah Hadits. Ibnu Hajar menggunakan metode yang handal dalam penyusunan kitab ini, yaitu As-Sabru wa Taqsim (percobaan dan pembagian, istilah dalam ushul fiqh-pent).
Apabila membaca kitab ini seorang penuntut ilmu akan mendapati pancaran semangat, karena kitab ini dilandasi diatas gejolak akal pikiran. Saya nasehatkan, baik bagi para penuntut ilmu untuk menghafal kitab ini, karena kitab ini merupakan rangkuman faedah dalam ilmu Musthalahul Hadits.
8. Al-Kutub As-Sittah (kitab Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan At-Tirmidzi, Sunan An-Nasa’i, dan Sunan Ibnu Majah) ((الكتب الستة " صحيح البخاري ، ومسلم ، والنسائي ، وأبو داوود ، وابن ماجه ، والترمزي " ))
Saya nasehatkan kepada para penuntut ilmu untuk memperbanyak membaca kitab-kitab di atas, karena dengan membacanya akan memperoleh dua keuntungan :
1. Merujuk ke kitab-kitab ushul (induk)
2. Pengulang-ulangan nama perawi dalam otaknya. Jika nama-nama perawi tersebut sering terulang maka hampir-hampir ia tidak membaca seorang perawi pun -misalnya- diantara perawi-perawi (yang dipakai oleh) Al-Bukhari pada sanad manapun ia langsung mengenal bahwa perawi tersebut termasuk perawi Al-Bukhari sehingga ia dapat mengambil keuntungan berupa faedah dari segi hadits.

Ketiga: Kitab-kitab Fiqih
1. Kitab Adabul Masyi Ilaa Sholat (( آداب المشي إلى الصلاة )) karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.
2. Kitab Zaadul Mustaqni’ Fihktisharil Muqni (( زاد المستقنع في إختصار المقنع )) karya Al-Hajawi. Kitab ini termasuk matan-matan terbaik dalam pembahasan fiqh. Sebuah kitab yang diberkahi, ringkas dan lengkap. Guru kami Al-Alamah Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah mengisyaratkan untuk menghafal kitab ini, padahal beliau telah hafal matan kitab Dalilul Thalib.
3. Kitab Ar-Raudhu Al-Murabi’ syarah Zaadul Mustaqni’ ((الروض المربع شرح زاد المستقنع )) karya Syaikh Manshur Al-Bahuti.
4. Kitab Umdatul Fiqhi (( عمدة الفقه )) karya Ibnu Qudamah rahimahullah.
Keempat: Kitab-kitab Faraidh (Waris)
1. Kitab Matan Ar-Rahbiyah (( متن الرحبية )) karya Ar-Rahbi.
2. Kitab Matan Al-Burhaniyah (( متن البرهانية )) karya Muhammad Al-Burhani. Sebuah kitab yang ringkas, berfaedah dan lengkap dalam membahas ilmu faraidh (waris). Saya menilai bahwa kitab Al-Burhaniyah lebih baik dibandingkan kitab Ar-Rahbiyah. Karena dari satu sisi kitab Al-Burhaniyah lebih lengkap dari kitab Ar-Rahbiyah dan lebih luas khazanah keilmuannya pada sisi yang lain.
Kelima: Kitab-kitab Tafsir
1. Kitab Tafsirul Qur’anul Adzim6 (( تفسير القرآن العظيم )) karya Ibnu Katsir rahimahullah. Sebuah kitab yang baik dari segi penafsiran dengan atsar, berfaedah dan terpercaya. Namun kitab ini tidak banyak memberikan pemaparan dari sisi i’rab dan ilmu balaghah (ilmu bahasa).
2. Kitab Taisirul Karimurrahman fii Tafsir Kalamul Mannan ((تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان )) karya Syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah. Sebuah kitab yang bagus, mudah, terpercaya dan saya nasehatkan kepada kalian untuk membacanya.
3. Kitab Muqaddimah Syaikhul Islam fii Tafsir (( مقدمة شيخ الإسلام في التفسير )) Sebuah muqaddimah yang penting dan bagus.
4. Kitab Adhwa’ul Bayan (( أضواء البيان )) karya Al-Alamah Muhammad Asy-Syinqiti rahimahullah. Sebuah kitab yang menghimpun ilmu hadits, fiqh, tafsir dan ushul fiqh.
Keenam: Kitab-kitab Umum dalam Beberapa Disiplin Ilmu
1. Bidang Nahwu: kitab Matan Al-Ajurrumiyyah (( متن الأجرومية )) Sebuah kitab yang ringkas dan sederhana.
2. Bidang Nahwu: Al-Alfiyah Ibnu Malik (( ألفية بن مالك )) Kitab ini adalah intisari ilmu nahwu.
3. Bidang Sirah Nabi: kitab yang saya nilai paling bagus adalah kitab Zaadul Ma’ad (( زاد المعاد )) karya Ibnul Qayyim. Sebuah kitab yang sangat bermanfaat, didalamnya mengisahkan sirah Nabi dalam berbagai peristiwa, setelah itu mengambil istinbhat (pengambilan) banyak hukum dari hal-hal tersebut.
4. Kitab Raudhatul ‘Uqala (( روضة العقلاء )) karya Ibnu Hibban Al-Busti rahimahullah. Sebuah kitab yang bermanfaat, kendati ringkas isinya namun kitab ini menghimpun banyak faedah dari berbagai atsar para ulama dan ahlu hadits serta orang-orang selain mereka.
5. Kitab Siyar A’lamin Nubala’ (( سير أعلام النبلاء )) karya Adz-Dzahabi. Sebuah kitab yang memiliki kemanfaatan dan faedah besar. Penuntut ilmu seyogyanya membaca kitab ini dan sering me-muroja’ah-nya.

____________
Footnote:

1 Edisi Terjemahan: Tiga Landasan Utama
2 Kitab ini banyak disyarah oleh para ulama besar, salah satunya adalah Asy Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan. Silahkan download: Syarh Qawaidul Arba’ (Indonesia)
3 Edisi Terjemahan: Kasyfu Syubuhat (Indonesia)
4 Edisi Terjemahan: Kitab Tauhid
5 Edisi Terjemahan: Syarah Aqidah Al Wasithiyah oleh Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahfi Al Qahthaniy
Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin juga telah mensyarah kitab ini, silahkan ambil dalam versi Arabic: Syarah Aqidah Al Wasithiyah oleh Syaikh Utsaimin. Edisi Terjemahan: Syarah Aqidah Al Wasithiyah Pasal Al Imanu bil Yaumil Akhir (Ada Apa Setelah Kematian)
6Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 …..(34,6 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 2 …..(19,1 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 3 …..(13,1 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 4 …..(15,3 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 5 …..(16,3 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 6 …..(22,8 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 7 …..(18,1 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 8 …..(15,3 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 9 …..(17,4 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 10 …..(5,03 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 12…..(3,4 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 13 …..(4,7 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 14 …..(4,16 MB)
Tafsir Ibnu Katsir Juz 15 …..(7,74 MB)

-------------------------


[tambahan: (17 April 2012)]
  1. Jazakumullahu khoiron
    Sebagian dari kitab2nya Syaikh Muqbil :
    Ini linknya : http://www.olamayemen.com/download_book66.html
    Bagus sekali
    Jazakumullahu khoiron
  2. Untuk nomor 10 dari pembahasan aqidah, yaitu kitab Ad-Durarus Saniyyah telah tersedia di blog kami. Jazakallahu khairan, semoga bermanfaat
    http://warisansalaf.wordpress.com/2010/06/06/kitab-gratis-ad-durarus-saniyyah-fi-ajwibatin-najdiyyah-sesuai-cetakan-versi-pdf/
    Jazakumullahu khoiron.
  3. ana mau download kitab-kitab ahlus sunnah. jazaakumullah khoiran.
    Monggo… jazaakumullah khoiran
  4. Bismillah. .
    Ini ada sedikit tambahan dr link yg blm ada akh :
    - Kitab Siyar A’lamin Nubala’ (( سير أعلام النبلاء )) karya Adz-Dzahabi : http://www.4shared.com/file/mSbrLEjO/siyar_alam_nubala.html
    - Kitab Adhwa’ul Bayan (( أضواء البيان )) karya Al-Alamah Muhammad Asy-Syinqiti rahimahullah : http://www.4shared.com/file/dC9vr1kt/adwa_ul_bayan_fi_tafsir_quran_.html
    - Kitab Taisirul Karimurrahman fii Tafsir Kalamul Mannan ((تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان )) karya Syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah : http://www.4shared.com/file/1wwMa8–/taisir_karimur_rahman.html
    - Kitab Adabul Masyi Ilaa Sholat (( آداب المشي إلى الصلاة )) karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah : http://www.4shared.com/file/g5gxB9Qv/adabul_masyi_ila_sholah.html
    - Kitab Nailul Authar syarah Muntaqul Akhbar (( نيل الأوطار شرح منتقى الأخبار )) karya Asy-Syaukani : http://www.4shared.com/file/W2lbYEvR/nailul_awthar.html
    - Kitab Subulus Salam syarah Bulughul Maram (( سبل السلام شرح بلوغ المرام )) karya Ash-Shan’ani : http://www.4shared.com/file/fYW0oysc/subulus_salam.html
    - Kitab Syarh Al-Aqidah Ath-Thahawiyah (( شرح العقيدة الطحاوية )) karya Abul Hasan Ali bin Abil ‘Izzi : http://www.4shared.com/file/YrA95Ken/syarah_aqidah_tahawiyah.html
    - Kitab At-Tadmuriyah (( التدمرية )) karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah : http://www.4shared.com/file/5UIzQUBP/Al_aqidah_tadmuriyah.html
    Jazakumullahu khoiron. Sudah ditambahkan dan edit halaman.
    --------------------------------------------------
  5. Bismillah, langsung aja klik alamat-alamat di sini, insya Allah lengkap dan terpenuhi, apalagi jika mau download maktabah syamilah yang ada.
    klik di sini

    Penjelasan: Nie dia....untuk antum semua...

    Bismillah…
    Berikut adalah alamat-alamat untuk download ribuan kitab-kitab berbahasa Arab, baik berupa kitab induk, kitab rujukan ataupun makalah dari Masyayih yang terpercaya. Cukup diklik alamat yang dimaksud, kami sudah tujukan ke maktabah masing-masing alamat :
    - http://www.sahab.net/home/index.php?site=book
    - http://www.ibnothaimeen.com/all/eBook.shtml
    - http://www.muqbel.net/files.php
    - http://www.binbaz.org.sa/books/list
    - http://www.almeshkat.net/books/index.php
    - http://www.waqfeya.com/index.php
    - http://www.almaktba.com/index.php
    - http://saaid.net/book/index.php (hati-hati !!! banyak kitab hizbi di sini, tentukan dulu kitab yang akan di download)
    - http://al-eman.com/islamlib/
    - http://www.ajurry.com/library.htm
    - http://alalbany.net/albany_books.php
    - http://www.afifyy.com/book.html
    - http://www.alfawzan.ws/alfawzan/default.aspx#1
    - http://www.olamayemen.com/book/index.php
    - http://salemalajmi.com/books/index.html
    - http://www.otiby.net/book
    - http://www.njza.net/web/files.php
    - http://www.rabee.net/
    - http://www.dorar.net/
    - dan lain-lain.
    ----------------------- 

  1. Wajibnya Shalat Berjama'ah.pdf - Klik
  2. Engkau di Cipta Bukan Untuk Bersenang-senang.pdf - Klik
  3. Sungguh mengherankan, engkau mengenal Alloh, tetapi tidak mencintainya.pdf - Klik
  4. Bersabarlah Kalian .pdf - klik
  5. Maka siapakah yang lebih besar bahayanya daripada dirimu sendiri.pdf - Klik
  6. Hiasilah dirimu dengan senantiasa Muroqobah kepada kepada Allah - Klik
  7. Ilmu, Mutiara Berharga Bagi Seorang Muslim.pdf - Klik
  8. Setiap Tukang Gambar (gambar Yang Memiliki Arwah) di Neraka.pdf - Klik
  9. Gambar-Gambar itu Terkadang Dijadikan Sesembahan (di Ibadahi) dari selain Allah.pdf - Klik
  10. Rosululloh Shollallohu alaihi wa Sallam Melaknat tukang gambar.pdf - klik
  11. Relakah Dirimu Menjadi Hiasan Syaitan Di Dunia Nyata dan Dunia Maya.pdf - Klik
  12. Bermegah-megahan telah melalaikan kalian.pdf - Klik 
  13. Tidak akan BERSATU dua hal yang BERLAWANAN.pdf - Klik 
  14. Permata Yang Hilang.pdf - Klik
  15. Wanita dan Minyak Wangi dijadikan sebagai kecintaanku dari dunia ini.pdf - Klik 
  16. Berpakaian Tetapi Telanjang.....wal iyyadzubillah..!!.pdf - Klik
  17. Pakaian Ketat Bagi Wanita.pdf - Klik
  18. Adab Makan Dan Minum.pdf - Klik
  19. Adab Menuntut Ilmu.pdf - Klik
  20. Menyorot Perayaan Valentines Day - Klik 
  21. Apakah Sekedar Mengucapkan Syahadah Itu Sudah Termasuk Muslim?.pdf - Klik  
  22. Cinta Bagaikan Penyakit tanpa Obat -  Klik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami. Silahkan berkomentar dengan sopan.