Memuat...

24 Des 2011

MENGATASI NYERI HAID DAN SINDROMA HAID

A.    Pengertian Haid
Haid (menstruationadalah secret fisiologik darah dan jaringan mukosa serta bersiklus yang melalui vagina dari uterus tidak hamil; di bawah pengendalian hormone dan pada keadaan normal timbul kembali, biasanya dalam interval sekitar empat minggu, kecuali selama kehamilan dan laktasi, haid terjadi saat periode reproduktif (pubertas sampai menopause). Anovular m., anovulatory m.: perdarahan uterus periodik tanpa didahului ovulasi. Vicarious m.: secret darah dari sumber ekstragenital pada saat menstruasi diharapkan secara normal. (Kamus Saku Kedokteran DORLAND edisi 25, hal 662)

 B.     Sindroma Haid
Sebagaimana yang kita saksikan di sekitar kita, banyak wanita mengalami masalah fisik dan kejiwaan yang cukup gawat sebelum dan selama haid. Selain gejala sakit kepala, pembengkakan payudara, kejang perut, perut kembung, dan mual terjadi pula gejala naik turun emosi, seperti: lekas marah, merasa tertekanletih bahkan ada keinginan kuat untuk memakan makanan tertentu.

C.     Kejang Perut (Nyeri perut)
Kejang perut terjadi ketika darah kotor (darah haid) membeku di dalam rahim dan ketika bekuan-bekuan itu terdorong keluar rahim. Biasanya dimulai 24 jamsebelum haid berlangsung hingga hari pertama Haid. Sedangkan masalah-masalah kejiwaan bias muncul 2 pekan sebelumnya. Namun umumnya didapati 4 sampai 5 hari sebelum haid.
Gejala Fisik dan kejiwaan di atas secara langsung ada hubungannya dengan tertahannya cairan dan terjadinya pembengkakan pada jaringan otak dan pada beberapa bagian tubuh lainnya. Selama periode ini, ada dua hormone yang dilepaskan yang menyebabkan tertahannya cairan yaitu Aldosteron dari kelenjar adrenalin dan Progesteron dari indng telur (Ovarium).

D.    Mengatasi Sindroma Haid
Lain wanita, lain pula cara mengatasinya. Karena itu, kalau Anda termasuk yang mengalami Sindroma haid, cobalah mencari cara yang cocok bagi Anda.
a.      Dengan ijin Allah, bebrapa wanita sudah merasa tertolong bila berbaring dengan botol berisi air hangat di atas perutnya. Tatapi tentunya kita tidak ingin berbaring seharian sehingga pekerjaan jadi terbengkalai dan tertunda.
b.      1-2 gelas rebusan dan bunga kumis kucing atau air perasan peterseli yang merupakan diuretik ringan (pelancar air seni= menghilangkan cairan yang tertahan dengan melalui urin), InsyaAllah bisa membantu.
c.       Tablet pyridoxine yang biasa disebut Vitamin B6 juga akan memperlancar air seni, InsyaAllah, jika dipakai dalam dosis yang lebih besar (50-200 mg). Jangan lupa memperbesar pemasukan kalium jika Anda menggunakan diuretik. Buah pisang, nanas, dan tomat merupakan sumber kalium yang terbaik.
d.      Yang sudah dibuktikan secara medis (termasuk pengalaman saya dan beberapa treman wanita) adalah senam teratur (minimal 2x sepekan). Insya Allah bisa meringankan bahkan menghilangkan gejala-gejala fisik dan kejiwaan pennyerta haid.
           Gerakan-gerakan yang dianjurkan terutama yang menguatkan otot-otot perut dan pinggang. Namun pada umumnya gerakan senam secara keseluruhan membantu meringankan pegaldan nyeri sebelum dan selama haid. Dengan mengeluarkan keringat saat senam, akan membantumeringankan gangguan-gangguan selama haid karena jumlah cairan dan garam yang tertahan pada beberapa bagian tubuh akan berkurang.
e.       Uniknya, terkadang gejala-gejala fisik dan kejiwaan tersebut dapat ditekan bila wanita bisa menerima dan menyadari bahwa tubuhnya memang sedang mengalamiperubaahan di saat haid. Ini berarti, kesabaran dan keikhlasan dalam menerima keadaan sangat menolong wanita di dalam menghadapi masalah yang menyertai haid, sehingga wanita bisamenjalani hari-hari haid tanpa gangguan yang berarti.  Wallahu a’lam.

(Disalin dari Dahlia Mustofa, Majalah Islamy Bulanan, SALAFY, Edisi VIII/ Rabi’ul Awwal/1417/1996)